4 Strategi Investasi Saham Jangka Panjang yang Perlu Anda Pelajari

Investasi jangka panjang merupakan jenis investasi yang wajib dilakukan oleh semua orang untuk menjamin financial freedom di masa tua. Selain itu, investasi jangka panjang juga bisa dipakai untuk biaya pendidikan anak, biaya membeli properti, dan lain sebagainya. Strategi investasi saham sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk investasi jangka panjang.

Saham merupakan jenis investasi yang menawarkan return besar, namun risikonya juga tinggi. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Artikel ini membahas mengenai strategi investasinya!

4 Strategi Investasi Saham Jangka Panjang

Berikut ini adalah strategi investasi untuk saham jangka panjang:

1. Strategi Dollar Cost Averaging

Strategi pertama yang bisa Anda terapkan untuk investasi saham jangka panjang yaitu dollar cost averaging. Dollar cost averaging adalah cara yang bisa dilakukan oleh investor dalam menginvestasikan dananya. Cara ini mengharuskan investor menginvestasikan dana dalam jumlah yang sama pada periode waktu tertentu secara rutin.

Dollar cost averaging memiliki beberapa kelebihan untuk investasi saham jangka panjang. Salah satunya yaitu meminimalisir risiko investasi secara emosional yang bisa menyebabkan kerugian. Saat melakukan dollar cost averaging, Anda tidak akan memikirkan kondisi bearish ataupun bullish.

2. Pelajari Kinerja Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan merupakan penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Anda bisa melihat kinerja perusahaan berdasarkan pergerakan sahamnya. Jangan lupa pelajari kinerja perusahaan dan keuangan selama beberapa tahun terakhir. Apabila pengelolaan keuangan bagus dan likuiditas saham terjaga, maka perusahaan tersebut adalah perusahaan yang tepat untuk Anda menginvestasikan dana.

3. Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Anda memang ingin melakukan investasi jangka panjang. Namun, Anda tetap wajib melakukan evaluasi untuk menjaga kestabilan portofolio. Anda bisa melakukan evaluasi portofolio saham dengan cara mengikuti informasi perkembangan pasar dan melakukan evaluasi mengenai banyak hal. Misalnya seperti kebijakan, laporan keuangan, hingga aksi koorporasi. Apabila setelah evaluasi didapatkan hasil yang menjanjikan, maka Anda tidak perlu menjualnya.

4. Investasikan Kembali Dividen yang Didapatkan

Investasi saham mendapatkan dua keuntungan yaitu dari selisih jual beli atau capital gain dan juga dividen. Perusahaan yang konsisten membayar dan menaikkan rasio pembagian dividen artinya adalah perusahaan yang finansialnya stabil. Jika mendapatkan dividen, ada baiknya Anda menginvestasikannya kembali. Pasalnya, menginvestasikan dividen dari perusahaan dengan finansial stabil meningkatkan potensi keuntungan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Investasi Saham

Tertarik untuk menerapkan strategi investasi saham jangka panjang? Aplikasi MOST by Mandiri Sekuritas adalah pilihan terbaik. Berikut ini adalah kelebihannya:

1. Tersedia di Berbagai Platform

Aplikasi investasi satu ini hadir di berbagai macam platform. Mulai dari website, desktop, Android, hingga iOS. Tersedianya aplikasi di berbagai platform memudahkan Anda untuk berinvestasi. Anda bisa berinvestasi melalui laptop, PC, maupun ponsel. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi di mana saja dan kapan saja.

2. Fitur Lengkap

Kelebihan selanjutnya yaitu menawarkan fitur yang lengkap dan memudahkan. Salah satu fitur yang tersedia bernama Quick Menu. Fitur satu ini bisa membantu mempercepat proses transaksi. Selain itu, ada juga fitur Auto Reconnect yang fungsinya untuk mempermudah proses Buy/Sell.

3. Aman

Kelebihan yang terakhir tentu saja dari segi keamanannya. Aplikasi ini adalah aplikasi yang aman karena sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, aplikasi juga sudah mendapatkan izin dari beberapa lembaga lain, salah satunya KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Itulah informasi dan pembahasan mengenai strategi investasi saham jangka panjang. Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi seputar saham di aplikasi MOST by Mandiri Sekuritas. Kunjungi website resminya untuk informasi lebih lengkap lainnya!

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas