Perkembangan Bayi 5 Bulan Bisa Apa Saja? Intip Di Sini!

Pada umumnya, bobot bayi 5 bulan naik sekitar 0,5 kg dibandingkan ketika berusia 4 bulan. Lebih jelasnya bayi laki-laki memiliki berat sekitar 7,5 kg dan panjang 65,9 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat badan 6,9 kg dan panjang 64 cm. Tidak hanya perkembangan fisik saja, Anda juga perlu mengetahui bayi 5 bulan bisa apa untuk memastikan pertumbuhannya optimal. Simak artikel ini untuk mengetahui bayi 5 bulan bisa apa saja.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Bisa Apa Saja?

Anda pasti sudah penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 5 bulan. Langsung saja, berikut pembahasannya satu per satu:

1. Tertarik dengan Benda Berbentuk Unik dan Berwarna Mencolok

Penglihatan bayi usia 5 bulan masih berkembang dan belum sempurna. Namun mereka sudah bisa membedakan warna-warni mencolok. Penglihatannya juga sudah lebih tajam dan jelas. Si Kecil akan tertarik dengan benda-benda berbentuk unik.

Terutama benda berwarna mencolok seperti kuning, merah, dan biru. Menariknya lagi Si Kecil sudah mulai paham bahwa benda yang hilang dari penglihatannya tidak berarti benar-benar hilang.

2. Berguling dan Tengkurap

Sebagian bayi usia 5 bulan sudah bisa berguling dan tengkurap dalam sekali waktu. Otot kaki, siku, dan lengannya juga semakin kuat sehingga mampu menanggung beban di bagian kaki. Anda bisa melihat bayi terlihat lebih kokoh saat tengkurap. Hal tersebut karena ia mampu menopang tubuhnya. Si Kecil biasanya mulai meluruskan tangan serta kaki dan melengkungkan punggung.

3. Mulai Duduk Sendiri

Bayi 5 bulan bisa apa lagi? Kemampuan motorik lainnya yang bisa dilakukan bayi 5 bulan adalah duduk sendiri. Jangka waktu duduk sendiri lebih lama dibandingkan sebelumnya. Bayi memang sudah lebih kokoh ketika duduk sendiri. Namun Anda tetap harus berhati-hati. Berikan penyangga berupa bantal di bagian belakang. Pastikan Anda memegangnya saat Si Kecil mulai lelah.

4. Berceloteh atau Babbling

Babbling atau berceloteh adalah tahap awal perkembangan komunikasi atau berbicara. Sudah mulai banyak suara yang dikeluarkan dari mulut bayi usia 5 bulan. Anda tidak perlu kaget apabila bayi mengeluarkan suara seperti “mamama”, “bababa”, “dadada”, dan lain sebagainya. Memang ucapannya belum ada arti namun sudah menunjukkan perkembangan yang baik.

5. Meraih dan Menggenggam Benda

Kemampuan meraih dan menggenggam benda pada bayi sebenarnya sudah dimiliki sebelum usia 5 bulan. Namun di usia tersebut kemampuannya semakin baik. Selain mampu meraih dan menggenggam, bayi biasanya juga tertarik untuk menggoyangkan dan mendorong mainan yang menarik perhatian. Si Kecil juga mulai bisa memindahkan benda dari tangan kanan ke tangan kiri, atau sebaliknya.

6. Melakukan Interaksi dengan Orang Lain

Kemampuan bayi 5 bulan yang terakhir yaitu melakukan interaksi dengan orang lain. Interaksi dengan orang lain termasuk perkembangan kemampuan sosial emosional dari bayi. Pada usia ini, bayi mulai mengenal dirinya sehingga menoleh saat dipanggil. Si Kecil juga mengenal orang terdekat dan orang asing. Jadi jangan heran jika mereka tidak mau diajak oleh orang asing.

Apakah artikel ini sudah menjawab pertanyaan bayi 5 bulan bisa apa saja? Agar Si Kecil bisa bereksplorasi dengan nyaman dan aman, Anda perlu memilihkan popok yang tepat. Pasalnya popok dipakai setiap hari, jika popoknya tidak nyaman maka akan mengganggu eksplorasinya.

Pilihan popok terbaik untuk bayi 5 bulan adalah MAKUKU SAP Diapers. Popok ini memiliki desain yang tipis namun mudah menyerap dan anti bocor. Selain itu, MAKUKU SAP Diapers juga anti ruam karena memiliki rongga udara dan struktur 3D. Popok satu ini sekarang sudah ada di berbagai toko online maupun offline.

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas