Anda Harus Tahu Cara Mengurus BPKB Hilang

Tidak ada seorangpun  pemilik kendaran yang menginginkan keadaan dimana  BPKB kendaraan  hilang. Namun, Anda tidak perlu  cemas,  pelajari saja cara mengurus BPKB  hilang pada artikel ini sebagai pengetahuan. Suatu hari nanti, mungkin saja berguna bagi Anda atau kenalan Anda.

BPKB merupakan  dokumen legal yang sah atas kepemilikan kendaraan bermotor yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia.   BPKB merupakan dokumen  penting, selain STNK yang  harus dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor.

Pada BPKB tertulis semua keterangan  fisik kendaraan  bermotor Anda. Mulai nomor rangka kendaraan , nomor mesin, nomor polisi dan perubahannya. Tertera juga nama pemilik kendaraan baik yang dulu maupun  yang sekarang, jika terjadi transaksi jual beli.  Juga nama penjual atau dealer kendaraan  bermotor tersebut, tipe dan tahun produksi kendaraan.

Bagaimana jika BPKB hilang? Simak bagaimana Anda dapat mengurusnya kembali.

Tahapan dan Cara Mengurus BPKB Hilang

Simak tahapan berikut yang dapat membantu Anda jika BPKB  hilang.

Lapor Kehilangan

Sebelum Anda mengurus  BPKB yang hilang, Anda harus melaporkan dulu perihal kehilangan  tersebut. Surat kehilangan itu akan menjadi bukti   jika seandainya nanti ada seseorang yang mengakui kepemilikan kendaraan Anda.

Keterangan Bank

Anda perlu juga mengurus surat keterangan dari dua bank yang berbeda yang  menyatakan bahwa  BPKB Anda tidak sedang dalam jaminan.

Iklan Media

Anda juga harus membuat iklan di media massa yang menyatakan bahwa BPKB atas nama Anda hilang. Hal ini bertujuan agar tidak ada orang yang  ingin  mengambil celah dari hilangnya BPKB Anda. Bukti yang diberikan   dapat berupa kwitansi   pemasangan iklan ataupun potongan iklan tersebut.

Mengurus di Samsat

Setelah semua lengkap, Anda dapat membuat surat permohonan di Samsat untuk membuat BPKB baru. Adapun dokumen yang Anda lengkapi adalah

  1. Surat Pernyataan Yang menjelaskan  BPKB hilang dilengkapi dengan tanda tangan pemilik di atas materai.
  2. Fotokopi KTP  untuk kepemilikan pribadi.

Untuk Badan Hukum, Anda harus menyerahkan  salinan akta pendiriannya. , Sertakan surat keterangan domisili badan  hukum dan surat kuasa bermaterai yang ditandatangani pimpinan dan cap basah.

Untuk instansi pemerintah, sertakan pula  surat keterangan kepemilikan BPKB instansi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

  1. Fotocopy BPKB lama.
  2. STNK asli dan fotokopi STNK satu lembar.
  3. Tanda pemeriksaan fisik kendaraan bermotor yang  dilegalisir oleh SAMSAT.

 

Mudahkan cara mengurus BPKB  hilang. Namun, alangkah baiknya  Anda menyimpan BPKB tersebut  agar tidak hilang.

 

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas