Manfaat Lego Untuk Kognitif Dan Motorik Anak

Permainan lego mungkin sudah banyak dikenali fungsi dan kegunaannya untuk anak sehingga banyak orang yang memberikannya pada anak untuk dijadikan sebagia mainan edukasi. Kenyataannya memang mainan lego ini bisa memberikan stimulus untuk anak sehingga anak memiliki perkembangan yang lebih baik dalam hal berpikir dan bertindak.

Bisa dibilang bahwa mainan ini sebenarnya sangat berguna bagi perkembangan anak. Berikut beberapa macam kegunaan lego untuk kognitif dan motorik anak yang mungkin bisa menjadi pengetahuan bagi Anda sekalian.

  1. Mengembangkan imajinasi

Bermain lego pada dasarnya bisa membantu anak untuk membentuk imajinasinya. Terutama pada saat anak harus memilih beberapa jenis untuk kemudian digabungkan hingga menjadi suatu bentuk benda.

Dalam hal ini imajinasi anak akan terus berkembang sehingga semakin hari anak bisa semakin menghasilkan bentuk yang lebih baik dan lebih sulit.

  1. Melatih problem solving

Seringkali anak harus berpikir keras mengenai bentuk apa yang harus dihasilkan dari seluruh lego yang ada di hadapannya. Atau bisa juga anak berpikir keras mengenai bagaimana cara menyusun seluruh lego agar bisa menjadi bentuk seperti yang diinginkan.

Saat berpikir inilah maka daya kognitif anak terus berkembang sehingga motorik anak juga akhirnya turut mengalami perkembangan.

  1. Mengasah kemampuan bermain peran

Saat bermain lego terkadang anak berusaha untuk membentuknya menjadi karakter yang disukanya lalu mulai melakukan aktivitas bermain peran. Anak bisa saja menjalankan karakter yang telah dibuatnya dari lego lalu mulai menjalankan peran dari karakter itu sendiri.

Disini sebenarnya tanpa disadari anak sudah mulai berlatih untuk bermain peran. Bahkan dengan banyaknya karakter yang dibentuknya maka bisa saja anak memainkan banyak peran.

  1. Mengembangkan keahlian bercerita

Bukan hanya bermain peran saja yang umumnya bisa dikembangkan oleh anak namun juga keahlian dalam bercerita juga bisa ditingkatkan hanya dengan bermain lego. Sebab bermain peran pada umumnya berkaitan dengan proses cerita sehingga lego juga bisa mengembangkan keahlian bercerita pada anak.

  1. Meningkatkan daya hitung

Mainan lego rupanya juga bisa meningkatkan daya hitung pada anak sebab anak harus selalu memperkirakan seluruh cara yang bisa dilakukan untuk merakit lego. Perhitungan ini berjalan saat anak mulai memperhitungkan berapa banyak lego yang dibutuhkan untuk membentuk suatu objek tertentu sehingga daya hitung anak makin hari akan makin meningkat.

  1. Mengasah kemampuan teknik

Kemampuan teknik anak juga bisa diasah melalui permainan lego yang identik dengan proses perakitan masing-masing piece lego hingga menjadi objek tertentu. Tentunya saat proses perakitan ini anak akan diajak untuk terus berpikir mengenai cara yang harus dilakukan agar bisa membentuk objek yang sempurna dan indah dipandang mata.

  1. Mengembangkan kemampuan spatial

Terakhir kegunaan mainan lego bagi perkembangan kognitif sekaligus motorik anak misalnya dengan mengembangkan kemampuan spatial yang dimiliki oleh anak. Kemampuan spatial ini bisa dibilang bisa semakin berkembang terutama pada saat anak terus berimajinasi dalam mencari bentuk paling tepat untuk menggambarkan objek yang dibuatnya.

 

Kegunaan lego bagi perkembangan kognitif dan motorik anak rupanya sangat baik dan bahkan bisa membantu anak untuk menjadi semakin pandai. Bisa dikatakan pula bahwa mainan lego turut memiliki peran dalam perkembangan kognitif dan motorik anak.

Oleh karena itu ayah dan ibu bisa memberikan lego yang paling tepat untuk anak agar kognitif dan motorik anak bisa berkembang dengan baik.

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas