7 Tips Dan Cara Mudah Merawat Jaket Kulit Asli

Salah satu fashion yang seringkali digemari banyak orang adalah jaket kulit. Baik pria atau wanita menyukai busana ini. Salah satu alasannya adalah karena desain busana ini yang mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya. Material kulitnya juga mampu melindungi lebih penggunanya dibandingkan dengan material jaket lainnya.

Banyak orang yang rela menyisihkan cukup banyak uang untuk membeli jaket kulit asli. Memang jaket dengan kualitas premium jauh lebih mahal daripada yang imitasi. Tetapi kebanyakannya belum paham kalau barang mahal itu seringkali membutuhkan perawatan ekstra juga. Akhirnya busana tersebut rusak begitu saja karena perawatan yang salah. Jika sudah begitu pastinya kamu sangat kecewa karena jaket favorit yang berharga mahal itu telah rusak.

Supaya terhindar dari rasa kecewa karena jaket kulit asli rusak, maka kamu harus ikuti 7 tips dan cara merawat jaket kulit asli dibawah ini :

  1. Mengikuti Petunjuk Penggunaan

Pastinya setiap produk memiliki petunjuk penggunaan termasuk cara pencucian jika untuk pakaian. Jadi, supaya kamu tidak salah merawatnya harus membiasakan membaca petunjuk dari produsennya.

  1. Mencuci Tangan

Saat kamu akan mencuci jaket yang terbuat dari bahan kulit sapi atau domba, maka mencucinya itu harus dengan tangan secara manual. Karena penggunaan mesin cuci hanya akan merusak tekstur atau material jaket tersebut.

  1. Menggunakan Bahan Yang Lembut

Cuci jaket kulit asli kamu dengan hanya menggunakan air saja. Tetapi jika ada noda yang membandel, bisa digunakannya bahan yang lembut seperti sabun bayi. Teteskan sedikit saja pada bagian noda lalu kucek dengan lemut suapaya hilang nodanya. Hindari menggunakan bahan kimia keras seperti pemutih atau amoniak karena dapat merusak produk.

  1. Membilas Hingga Benar Benar Bersih

Bilas hingga benar benar hilang cairan pembersihnya dari jaket kulit. Atau bisa juga menggunakan kain bersih untuk mengangkat sisa sabun dari permukaan kulit supaya tidak ada yang tertinggal sama sekali.

  1. Menggunakan Cairan Lembut

Salah satu resiko digunakannya cairan pembersih adalah efek kering setelahnya. Salah salah jaket malah menjadi terasa kaku atau seperti patah patah permukaannya. Supaya terhindar dari hal tersebut gunakan pelembut pakaian sedikit saja pada bagian yang terkena cairan pembersih.

  1. Menghindarkan Dari Sinar Matahari

Hindarkan jaket kulit aslimu dari sinar matahari setelah pencucian. Kamu bisa mengeringkannya dengan cara mengangin anginkannya atau menjemurnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tetapi jika ingin lebih cepat, bisa juga menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian yang basah. Pilih setelan yang tidak terlalu panas supaya jaket tidak kering dan mudah rusak.

  1. Bahan Untuk Perawatan

Meski jaket kulit kamu tidak kotor sehingga tidak perlu dicuci, maka bukan berarti tidak diperlukan perawatan sama sekali. Kamu harus tetap merawatnya supaya kualitasnya tetap terjaga sama seperti saat baru membelinya. Salah satu indikator kondisi kulit baik baik saja adalah tidak kering atau retak serta tetap elastis.

Karena jaket kulit asli ini sering digunakan sehari hari, maka pastinya sesekali akan terkena noda baik dari tumpahan kopi atau bekas minyak. Jenis jaket ini rentan menyerap noda apalagi yang berasal dari cairan karena permukaan kulitnya yang berpori pori.

Itulah 7 tips dan cara mudah merawat jaket kulit asli yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah.

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas