Sebelum Memilih Jasa Ekspor, Simak Tips Menjadi Eksportir

Menjadi seorang eksportir sekarang sekarang ini banyak dipilih karena punya prospek yang bagus. Tentunya seorang eksportir juga berkaitan dengan jasa ekspor. Meski skalanya internasional, menjadi seorang eksportir tidak terlalu sulit dan masih bisa dipelajari.

Namun pekerjaan ini tentu cukup menantang adrenalin dan keberanian. Simak berikut ini tipsnya untuk anda jika ingin menjadi eksportir bermutu.

Tips Bermutu Jadi Eksportir

1. Memiliki Kemampuan Bahasa Asing

Jasa kirim luar negeri atau seorang eksportir harus memiliki kemampuan komunikasi dengan baik terutama dalam bahasa asing. Minimal anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris untuk komunikasi antar shipping company di negara tujuan. Jika kamu mahir dalam menggunakan bahasa asing, tentunya akan sangat berguna untuk pemahaman kamu terkait info peraturan terbaru dalam dunia ekspor meliputi keadaan ekonomi beserta pasar ekspor disana yang biasanya dilaporkan oleh surat kabar yang ada di negara tersebut.

2. Selalu update

Seorang eksportir yang pasti selalu berhubungan dengan jasa ekspor dan impor harus mengikuti perkembangan zaman. Sangat penting untuk selalu update informasi agar bisa memantau pergerakan trend pasar di negara tujuan ekspor.

Anda harus bertindak secara proaktif dalam mengupdate informasi baik terkait kelebihan regulasi dalam negeri ataupun negara tujuan. Dan juga terkait adaptasi produk serta hal-hal yang lebih mendetail.

3. Pelajari  Metode Pembayaran

Untuk para pemula, wajib bagi anda mempelajari permasalahan metode pembayaran yang biasanya paling sering dijumpai. Biasanya transaksi yang paling aman adalah Bank to Bank atau disebut juga letter of credit. Pelajari bagaimana sistem transaksi berskala internasional untuk anda tetap bisa bertahan pada perdagangan ekspor impor.

4. Pahami Dokumen Ekspor

Seorang eksportir yang melayani jasa kirim luar negeri tentu harus memahami dokumen apa saja yang terkait dengan proses ekspor barang. Ada banyak dokumen ekspor yang perlu kamu telaah sebelum kamu jadi eksportir handal. Dokumen tersebut yaitu terkait COO, NPE, kemudian invoice, Aerobill, PEB, packing list juga perlu kamu pahami, serta COA dan berbagai dokumen lainnya. Dimana semua dokumen ini harus disiapkan terlebih dahulu untuk perencanaan ekspor barang tentunya agar anda menjadi seorang eksportir yang matang dan handal.

5. Packing Barang Dengan Aman

Pengemasan barang juga salah satu hal paling penting untuk jasa ekspor atau impor. Ketika mengirim barang tentu harus diperhatikan bagaimana agar barang tersebut tetap aman sampai ke negara tujuan. Pengemasan yang baik meminimalisir kerusakan barang di dalam kontainer yang tentunya bertumpuk dengan barang lainnya. Pilih bahan untuk pengemasan yang bisa meminimalisir terjadinya kerusakan.

6. Memiliki Asuransi

Sebuah ekspedisi pengiriman yang memiliki asuransi tentu lebih dipilih para konsumen. Anda harus mengasuransikan barang ekspor baik yang dikirim melalui udara atau laut. Anda tentu tidak bisa menjamin resiko kapal tenggelam kontainer jatuh atau hal-hal berbahaya lainnya. maka dari itu memberikan asuransi terhadap barang ekspor adalah hal yang penting.

Penutup

Demikian beberapa tips memulai karir sebagai jasa ekspor atau  disebut juga eksportir.  Salah satu jasa pengiriman yang bisa dipilih untuk ekspor barang ke Singapura dan beberapa negara lainnya adalah Kilo.id. Jasa ini memberikan barang aman dan cepat sampai ke negara tujuan.

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas