Tips Merawat Komputer Gaming Agar Tahan Lama




Bagi penggila game tentunya lebih puas dan menyenangkan jika menggunakan komputer sebagai alat bermain. Selain layar yang lebar bermain game menggunakan komputer juga membuat postur tubuh lebih tegap daripada bermain dengan HP. Bermain game dengan hp membuat posisi tulang belakang cenderung bengkok ke depan, serta layar hp yang tanpa sengaja kita dekatkan dengan mata. Komputer yang didesain khusus game biasanya disebut komputer gaming. Komputer gaming memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan komputer pada umumnya. Hal ini dikarenakan permainan game mempunyai kapasitas yang besar dan juga berat, sehingga komputer gaming memiliki spesifikasi lebih tinggi terhadap kecepatan dan kemulusan gambar. Kecepatan dan kemulusan gambar pada komputer gaming dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut : Peforma Motherboard Peforma Grapic Card (VGA Card) Kecepatan Prosesor Kapasitas RAM Power Supply (PSU) yang tinggi Daya tampung Hardisk yang tinggi Faktor yang mendukung kmputer gaming di atas sebenarnya akan mudah sekali rusak jika tidak dirawat dengan benar. Sebaiknya kita juga menggunakan stabilizer (stavolt) sebagai alat untuk menstabilkan arus listrik yang digunakan. Penggunaan aplikasi tertentu pada komputer seperti water cooling dapat menjaga kondisi komputer agar tetap dingin. Simak beberapa cara yang dapat dilakukan agar komputer gaming tidak mudah rusak: 

1. Posisikan di Tempat yang Tepat Tempat yang aman untuk menaruh komputer yakni terhindar dari jangkauan anak anak. 

Hal ini guna mengantisipasi agar komputer atau perangkat lainnya tidak terjatuh ketika tersenggol. Jangan lupa untuk menjauhkan komputer gaming dari kawasan yang basah, hindarkan dari minuman atau cairan yang dapat tumpah mengenai perangkat komputer kita. 

2. Rajin Bersihkan PC Kotoran yang biasanya menempel pada komputer yakni debu. 

Kotoran ini memang tidak terlihat oleh mata, namun sebaiknya dibersihkan setiap hari. Karena debu yang menumpuk lama-lama juga mempengaruhi keadaan komputer. 

3. Gunakan Kabel yang Baik Power Supply biasanya memiliki bermacam-macam jenis kabel. 


Sebaiknya gunakan power supply yang modular, karena kabelnya tertata secara rapi dan mudah untuk dipasang dan dilepaskan. Kabel yang berantakan dapat membuat korsleting listrik yang dapat memicu kebakaran. Biasanya pada casing power supply yang besar memiliki ruang kosong di bagian belakangnya yang dapat digunakan untuk menyimpan kabel, sehingga tidak berserakan. 

4. Gunakan Listrik yang Stabil Listrik yang tidak stabil dapat merusak komputer dari dalam. 

Rata-rata komputer gaming rusak karena listrik yang digunakan tidak bisa stabil. Yakni tiba-tiba saluran listrik terputus dan komputer pun mati mendadak. 

5. Gunakan Antivirus Point ini sangat penting bagi kelangsungan software yang digunakan. 

Antivirus dapat mencegah virus yang dapat memakan data yang ada di dalam komputer. Termasuk aplikasi game kita. Jadi usahakan gunakan antivirus yang aman. 

6. Gunakan Casing yang Sesuai Casing CPU pada komputer gaming memiliki pengaruh yang besar. 

Casing CPU memiliki desain yang berbeda-beda. Casing yang cocok bagi komputer gaming yakni casing yang memiliki akses udara yang cukup baik. Udara yang cukup pada casing CPU dapat mendinginkan beberapa hardware yang ada di dalamnya. Karena apabila hardware di dalam CPU tersebut panas, maka akan mudah hangus atau terbakar. 

7. Cabut Batrai Laptop Bagi para gamer yang menggunakan laptop, sebaiknya tidak menyertakan batrai untuk bermain game. 


Hal ini dikarenakan supaya tidak merusak daya tampung batrai tersebut. Serta jangan gunakan keyboard asli untuk bermain game. Gunakan keyboard eksternal agar tidak merusak tatanan laptop kita. Itu tadi beberapa tips merawat komputer gaming agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Gunakan komputer secara bijak, agar semakin awet dan tahan lama.

kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas